Sabtu, 13 November 2010

Indahnya Bumi Kalimantan

KALIMANTAN BARAT


KENALAN DULU YA GANluas wilayah provinsi kalimantan barat adalah 146.807 km² (7,53% luas indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah papua, kalimantan timur dan kalimantan tengah.

Daerah kalimantan barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki propinsi "seribu sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Walaupun sebagian kecil wilayah kalbar merupakan perairan laut, akan tetapi kalbar memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang selat karimata dan laut natuna yang berbatasan dengan wilayah provinsi kepulauan riau.
Jumlah penduduk di provinsi kalimantan barat menurut sensus tahun 2000 berjumlah 4.073.430 jiwa (1,85% penduduk indonesia).

kondisi iklim
iklim di kalimantan barat beriklim tropik basah, curah hujan merata sepanjang tahun dengan puncak hujan terjadi pada bulan januari dan oktober suhu udara rata-rata antara 26,0 s/d 27,0.kelembapan rata-tara antara 80% s/d 90%

Quote:
suku bangsa asli bumi kalimantan barat
etnis DAYAK & MELAYU

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
jumlah etnis dayak yang tidak mempunyai rumpun suku di kalimantan barat aja ada 75 etnis. Belum di tambah suku2 pendatang seperti etnis jawa, bugis, batak, tionghoa!.

Sama halnya dengan etnis dayak, etnis melayu kalimantan barat cukup mendominasi di bumi kalimantan barat dan sangat mudah di jumpai dimana-mana.dan yang menjadi perdebatan belakangan ini bahwa bahasa indonesia yang kita pergunakan selama ini bukan dari riau tetapi dari kerajaan melayu kuno sambas/kalimantan barat/indonesia.
Quote:
PERPADUAN ETNIS
Quote:
bahasa daerahnya gan
bahasa indonesia merupakan bahasa yang secara umum dipakai oleh masyarakat di kalimantan barat. Selain itu bahasa penghubung yaitu bahasa melayu pontianak, melayu sambas dan bahasa senganan menurut wilayah penyebarannya, demikian juga terdapat beragam jenis bahasa dayak, menurut penelitian institut dayakologi terdapat 188 dialek yang dituturkan oleh suku dayak dan bahasa tionghoa seperti tiochiu dan khek/hakka.
188 dialek ? <= .

pendidikan di kalimantan barat

universitas tanjungpura pontianak
Quote:



fakultas ekonomi universitas tanjungpura pontianak gan

Quote:



fakultas kedokteran universitas tanjungpura pontianak gan
Quote:



gubernur kalimantan barat gan
Quote:



kantor gubernur kalimantan barat megah gan
Quote:



rumah adat dayak
Quote:

nih rumah ada kolongnya gan tinggi banget dengan tujuan agar tidak di serang hewan buas.namanya rumah adat betang, bentuk memanjang di dalam rumahnya terdapat 5-10 kepala keluarga..rame kan ??


pakaian adat kalimantan barat gan
Quote:

pakaian adat dayak kalimantan barat


pakaian adat etnis melayu kalimantan baratnya
Quote:



beberapa cendra mata khas kalimantan barat
Quote:

kain tenun sambas

ini hasil kerajinan tangannya gan







TATTO KHAS DAYAK
Quote:

tatto2 khas dayak beginian dicari touris2 mancanegara gan,tercatat di dalam sejarah dunia etnis dayak salah satu etnis pencetus tatto di muka bumi bersamaan dengan bangsa2 di timur tengah seperti mesir ketika jaman cleopatra dan suku2 di daratan amerika serta africa.


makanan khas kalimantan barat gan
NAMANYA BINGKE PONTIANAK


namanya bubur pedas, ini favorite ane gan


namanya "lemang"
paling banyak di jual pas bulanpuasa


namanya "pengkang" sejenis lemper,
yang bikin enak itu sambelnya gan


namanya sotong pangkong
Quote:

jadi cumi2 itu di pontianak namanya "sotong" nah apa itu pangkong ? Bahasa indonesianya "pukul" jadi sotong pangkong itu "cumi yang di pukul-pukul" ntar kalo udah gak keras lagi baru bisa di makan, makannya pake sambel juga gan. Banyak di jual pas bulan puasa.


siapa yang pernah coba jeruk pontianak ?
Quote:

udah ekspor quality loh ini, di pontianak 1kgnya bisa tembus rp.5.000,00, klo udah masuk jakarta bisa gak harganya segitu?

Quote:
fasilitas public
mall Kebanggaan
Quote:

nih namanya mega mall gan terletak dijalan protokol kota pontianak jalan.ahmad yani, mall kebanggaan rakyat pontianak.
Dan segera dibangun mall lagi di depannya.


fasilitas hotelnya
Quote:

hotel mercure
hotel orchard


museum kalimantan barat gan
Quote:



tugu khatulistiwa atau equator monument
Quote:



water front kota pontianak keren gan
Quote:

biasa di kenal dengan nama taman alun-alun kapuas


jembatan kapuas 1
Quote:



jembatan kapuas 2 gan
Quote:


Quote:
special day di kalimantan barat gan
ini namanya tatung, tatung dalam bahasa hakka yaitu orang yang dirasuki roh dewa atau roh leluhur. Kebanyakan sih yang jadi tatung itu cowox. Tatung ini ada di acara besar seperti chines new year atau cap go meh.
Quote:
Quote:
tatung itu gak cuma cowox aja, tapi cewex juga bisa nih
Quote:
Quote:

meriah dan rame banget kan, acara ini juga diramaikan etnis dayak dan melayu, ini merupakan suatu bukti bahwa indonesia bukan negara banci yang memandang etnis lain adalah kelas rendahan.
Quote:
chines new year
Quote:
Quote:



Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4341668

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...